Panduan Mudah Bermain Novel Visual Menggunakan Chiitrans #1

Novel visual adalah gim interaksi yang berasal dari Jepang, karena dari Jepang, pastilah bahasa yang digunakan bahasa Jepang. Dan agar bisa memainkannya, kita harus bisa bahasa Jepang. Tapi gimana kalau saya nggak bisa bahasa Jepang? Nah, karena itulah, dibikin aplikasi biar semua orang bisa main novel visual.

Sebenarnya banyak aplikasi penerjemah novel visual, tapi di panduan ini saya bakal pakai Chiitrans, karena menurut saya paling mudah, simpel.

Instalasi Chiitrans

Pertama-tama, kita unduh dulu aplikasi Chiitrans ini, silakan kunjungi :

https://alexbft.github.io/chiitrans/

chiitrans_download
Tampilan situs

Terus klik, terserah, mau yang mana, Installer atau ZIP, sama aja.

Habis itu install, tinggal klik next, next, terus selesai.

chiitrans_install

Di sini saya anggap kamu udah punya bahan ( novel visual ) kamu sendiri, jadi kita tinggal mengganti system locale-nya saja, ganti ke Jepang, biar novel visual dapat dimainkan.

Caranya, buka Control Panel, terus klik Clock, Region, and Language, terakhir klik Region and Language, nanti bakal muncul jendela, lalu ubah system locale ke Jepang ( kebetulan saya sudah diganti ke Jepang ), klik Ok terus restart.

jendela_konfirmasi

Di sini kita tinggal buka aja, mau novel visual dulu apa Chiitrans, terserah.

Novel visual yang saya jadikan referensi, judulnya いろとりどりのヒカリ ( Irotoridori no hikari ), keluaran Favorite, seri lanjutan dari Irotoridori no sekai.

Habis buka Chiitrans, di sini ada dua cara, mau dengan ikon folder atau window, kita mulai dari ikon folder.

Setelah klik ikon folder, tinggal pilih saja file .exe dari novel visual kalian, lalu klik Connect.

Cara kedua, yaitu pakai ikon window, pertama-tama kita klik dulu ikon window-nya, lalu klik jendela novel visual, klik judul novel visualnya, kalau tabel sudah berisi .exe dari novel visual tersebut, klik Connect.

shinkumajitenshi

Nanti bakal muncul jendela terjemahannya.

shinkumajitenshi2
Shinku maji tenshi

Sampai sini, selesai, tinggal klik, main novel visualnya!

Kalau ada kanji yang nggak kita tahu, tinggal arahkan saja pointer ke kanji yang kita nggak tahu itu, nanti keluar jendela berisi penjelasan.

Saya arahkan ke kanji 音 ( oto, bunyi ).

chiitrans_hoverSebenarnya ini udah playable, layak dimainkan, karena kita tinggal baca romaji, ada yang nggak tahu tinggal arahkan, lalu susun sendiri kalimatnya.

Oh, ya, di Chiitrans juga bisa diganti lho dari menggunakan romaji diganti dengan hiragana, caranya klik saja Options ( logo gir ) lalu pada Parsing pilih Hiragana, terakhir klik OK.

chiitrans_hiragana

Nanti bakal seperti ini :

chiitrans_hiragana

Nah, menurut saya, ini sangat, sangat membantu buat belajar bahasa Jepang, kebetulan saya sudah hafal hiragana, jadi kalau ada kanji yang nggak saya tahu, ya tinggal arahkan.

Namun buat kamu yang mau main dengan terjemahan bahasa Inggris, ada aplikasi tambahan buat menerjamahkan teks ke bahasa Inggris, namanya ATLAS, nanti akan saya bahas di artikel selanjutnya, sekian dari saya, terima kasih.

Iklan

Pasang Google Font di Komputer Pribadimu

Fon. Merupakan hal yang wajib dimiliki oleh seorang desainer, untuk memenuhi kebutuhan estetika dan tipografi. Oleh karena itu, banyak jasa-jasa, situs-situs yang menyediakan font, dari yang gratis sampai yang berbayar. Namun, akan merepotkan jika kita harus mencari satu per satu font yang kita inginkan, belum lagi menunggu situs yang kita buka selesai loading. Ya, untuk kebutuhan offline memang hal di atas tidak mungkin, oleh karena itu, saya di sini akan membagi cara meng-offline-kan Google Font di komputer pribadi kalian.

Langsung saja, berikut cara-caranya :

Pertama, buka situs ini : https://github.com/google/fonts/

Lalu, klik Clone or download, Download ZIP.

Screenshot saat membuka GitHub Google Font

Tunggu sampai unduhan selesai. Jika sudah, ekstrak file yang telah diunduh tadi.

ekstrak.png

Lalu, tekan CTRL+F atau mengeklik kolom search, lalu ketikan “.ttf” tanpa tanda kutip.

Contohnya seperti di bawah ini.

search-font.png

Setelah hasil pencarian selesai, pilih semua font yang ada, atau lebih cepatnya tekan CTRL+A lalu copy, atau cut.

copy-cut.pngJika sudah, kita akan meng-install fon-fon tadi agar dapat dijalankan di sistem kita.

Pergi ke data C:\WINDOWS\Fonts, lalu klik label Organize, klik Paste.

 

pastefont.png

Tunggu sampai selesai, jika sudah, bisa dicoba di notepad atau aplikasi lain yang membutuhkan penggunaan fon.

installfont.png

Sekian tutorial dari saya, terima kasih.